Keputusan tidak populer SMP Teknologi Al-Asy’ari Kwanyar Bangkalan yang menjadikan Teknik Robotika sebagai Mata Pelajaran (mapel) sekolah terbilang sangat tepat. Hal ini terbukti dari prestasi yang diraih sekolah binaan Yayasan KH. Asy’ari Umar Past Gemek Bangkalan itu, dimana Tim Robotika SMP Teknologi Al-Asy’ari Kwanyar berhasil meraih 12 besar EUNIOA Robotic Soccer Competition 2017 di Surabaya, sabtu lalu (14/10/2017). Tim yang diisi 2 nama, Aviv Fikri dan Aswarul Nufus, itu mampu menyisihkan lawan-lawannya dari Sekolah Dasar hingga SLTA (sederajat) se-Jawa Timur.
Guru mapel Teknik Robotika, Nayaka Yoga, mengaku puas dengan pencapaian anak didiknya. Pria asal Surabaya itu berencana akan mempersiapkan SMP Teknologi Al-Asy’ari Kwanyar untuk mengikuti kejuaraan lainnya.
“Kami baru memulainya dalam hitungan bulan, tentu prestasi ini sangat luar biasa. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Yayasan dan mempersiapkan diri untuk kejuaraan lain yang tentunya memiliki tantangan lebih,” ungkap Yoga.
Tidak main-main, kejuaraan robotika berlevel nasional tengah dibidik SMP Teknologi Al-Asy’ari Kwanyar untuk terus mengasah kemampuan.